Analisis Pengaruh Kepuasan Terhadap Layanan Wi-Fi Menggunakan Metode Quality Of Experience

Agdy Christian Julio Mandagi, Reynoldus Andrias Sahulata

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengguna terhadap penggunaan layanan Wi-Fi dan sebagai objek penelitian di Universitas Klabat menggunakan metode Quality of Experience. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel dimana terdiri dari tiga variabel bebas yaitu content quality, system quality, dan service quality serta satu variabel terkait yaitu layanan Wi-Fi Unklab. Untuk mengakomodasi variabel independen yang lebih dari satu analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis. Dari 96 sampel responden, diambil dari kurang lebih 3000 mahasiswa Universitas Klabat dari lima fakultas yang berbeda, didapati bahwa penggunaan layanan Wi-Fi Unklab belum memenuhi ekspetasi karena sebagian besar pengguna belum merasa puas dalam menggunakan layanan Wi-Fi Unklab, dan juga ditolak dengan hasil content quality sebesar 0,082, system quality 0,038 , dan service quality 0,075. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS.


Kata Kunci


Layanan Wi-Fi Unklab; Quality of Experience; content quality; system quality; service quality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Priantama, "Efektivitas Wi-Fi dalam menunjang proses Pendidikan bagi Lembaga Perguruan Tinggi," Jurnal Cloud Infromation, vol. 1, no. 1, pp. 22-23.

R. A. Wahab, "Analisis Quality of Experience layanan telekomunikasi seluler masyarakat Kabupaten Kepualauan Sangihe," Buletin Pos dan Telekomunikasi , vol. 11, no. 3, pp. 173-188, 2013.

J. M. Rewah, "Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat," Cogito Smart Journal, vol. 4, no. 1, pp. 24-36, 2018.

S. A. B. K. D. M. A. D. S. E. e. a. Kjell Brunnström, "Qualinet White Paper on Definitions of Quality of Experience," Quality of Experience, vol. 1, no. 2, pp. 1-20, 2013.

D.-H. Shin, "Quality of Experience in Relation to Personal Informatics Tools: The Analysis and Modelling of Quality of Experience for IoT," in Asia-Pacific Regional Conference, Kyoto, 2017.

D. I. A. A. N. Ananda Kusuma, "Penggunaan Standard ITU-T G.1070 Untuk Estimasi Quality of Experience Layanan Video Pada Simulasi Jaringan," Riset Insentif SINas RT-2014-0200, pp. 1-5, 2014.

N. O. I.-H. M. Nada A, "Quality of Protection and Quality of Experience in Multimedia Communications," International Journal of Computing & Information Sciences, vol. 12, no. 1, pp. 95-104, 2016.

"Usability First," Foraker Labs, 2002-2015. [Online]. Available: http://www.usabilityfirst.com/glossary/hedonic-quality/.

J. M. Rewah, "Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Manado," Cogito Smart Journal , vol. 2, no. 2, pp. 250-263, 2016.

D. J. D. S. Tiffany Strum Brodovsky, "Wireless Fidelity," Issues in Information Systems , vol. V, no. 2, pp. 401-407, 2004.

A. Santo, "Beon," mebiso, 3 Agustus 2013. [Online]. Available: https://mebiso.com/mengenal-6-standard-wireless-fidelity-wi-fi-di-dunia/.

R. S. C. Sourangsu Banerji, "On IEEE 802.11: Wireless LAN Technology," International Journal of Mobile Network Communications & Telematics (IJMNCT), vol. 3, no. 4, 2013.

J. M. M. M. S. Nurullah Sururi Afif, "Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan pada Unit Pelayanan Disdukcapil Kota Bogor," Manajemen dan Organisasi , vol. 8, p. 1, 2017.

K. V. D. K. V. O. R. T. Diego Da Hora, "Predicting the effect of home Wi-Fi quality on QoE," IEEE International Conference on Computer Communications, pp. 1-10, 2018.

A. N. Wicaksono, "Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Wireless Local Area Network di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta," in Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2016.

A. Hidayat, "Statiskian," 2 Juni 2017. [Online]. Available: https://www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html.

Junaidi, "Titik Persentasi Distribusi t," pp. 1-5, 2010.

E. N. Kamilah, "DISTRIBUSI NILAI rtabel SIGNIFIKANSI 5% dan 1%," pp. 1-6, 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.