Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Malaria

Cucut Susanto

Sari


Penyakit Malaria masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia sampai saat ini. Angka kesakitan penyakit ini masih cukup tinggi, terutama di daerah Indonesia bagian timur. Malaria merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dapat menyebabkan kematian terutama pada kelompok risiko tinggi yaitu bayi, anak balita, ibu hamil selain itu malaria secara langsung menyebabkan anemia dan dapat menurunkan produktivitas kerja. Penelitian ini bertujan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pakar yang mampu mendiagnosis penyakit Malaria. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis adalah Metode Pengumpulan Data yang terdiri dari Kepustakaan (library research) dan Lapangan (Field reseach). Adapun cara pengumpulan data yang dibutuhkan, yaitu :  Observasi, Wawancara dan Pustaka. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan keluaran berupa kemungkinan penyakit malaria yang diderita berdasarkan gejala yang dirasakan oleh pasien. Sistem ini juga menampilkan gejala-gejala yang diderita  tersebut terhadap kemungkinan penyakit yang diderita oleh pasien.


Kata Kunci


Aplikasi; Sistem Pakar; Diagnosa; Malaria

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wahdiyat Iskandar. 2015. Buku Kuliah 2 Ilmu Kesehatan. Infomedika. Jakarta.

Siahaan L, 2018, Gejala Klinis Malaria di Daerah Endemis. Majalah kedokteran Indonesia, Jakarta.

Kusumadewi, 2015, Artificial Intelegence (Teknik dan aplikasinya) Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kusrini. (2012). Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Andi, Yogyakarta, edisi X.

Anita Desriani & Muhammad Arhami. 2016. Konsep Kecerdasan Buatan . Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Cucut Susanto, 2015, Aplikasi Sistem Pakar untuk Gangguan Mental pada Anak dengan Metode Certainty Factor, Jurnal Pekommas, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika – Makassar.Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Garg R K, Karak B, Misra S. Neurological manifestations of malaria : an update. Neurol India [serial online] 1999 [cited 2018 Jan 8];47:85-91. Available from: http://www.neurologyindia.com/text.asp?19 99/ 47/2/85/1647

Burhan. (2017). Membuat aplikasi Sistem Pakar Deteksi Jenis Penyakit Jantung sebagai Pendukung pada Cardiac Center RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dengan metode Fordward Chaining. Skripsi STMIK Dipanegara Makassar.

Rahmi, S. (2015). Membuat Aplikasi Sistem Pakar mendiagnosa berbagai jenis anti biotik. Skripsi STMIK Dipanegara Makassar.

Rosa A. S. & M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.