Mobile Retailing: Pemanfaatan Mobile Apps Untuk Berbelanja Online

Robertus Laipaka

Sari


Industri retail menghadapi tantangan dari perubahan tren konsumen dalam berbelanja, dimana ada pergeseran dari konvensional ke berbelanja secara online. Terlebih lagi pengaruh dari dampak pandemi COVID-19 yang semakin membatasi ruang gerak masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model sistem mobile retailing yang dapat dipergunakan untuk berbelanja secara online pada pasar swalayan seperti minimarket dan supermarket. Mengingat pertumbuhan pengguna perangat mobile smartphone oleh masyarakat, maka sistem dikembangkan berbasis web mobile. Sistem mobile retailing dirancang dengan konsep user experience (UX) agar mampu memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. Penelitian ini telah menghasilkan model prototipe sistem mobile retailing yang dapat menjadi referensi bagi pengembang perangkat lunak untuk membangun sistem yang dapat dipergunakan secara nyata pada bisnis ritel.

Kata Kunci


Mobile, Retailing, UX, UI, UCD

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.