SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT GANGGUAN MENTAL PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN FORWARD CHAINING BERBASIS WEB

Egi Badar Sambani, Yoga Handoko Agustin, Nova _ Srihermaning

Sari


Gangguan mental adalah pola psikologis atau suatu kondisi yang mempengaruhi pikiran manusia, ditandai dengan perilaku tak menentu, suasana hati mudah berubah, serta kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia. Salah satu faktornya adalah kurangnya pengetahuan orang tua serta mahalnya biaya konsultasi dengan psikolog anak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mendiagnosa gangguan mental pada anak yang mampu membuat keputusan yang sama, sebaik layaknya seorang psikolog. Dalam pengembangannya menggunakan metode Waterfall serta diimplementasikan menggunakan metode Certainty Factor dan Forward Chaining sebagai nilai tingkat kepercayaan dengan nilai Measure of Belief (MB) yaitu ukuran kenaikan dari kepercayaan hipotesa yang dipengaruhi oleh fakta dan pelacakan ke depan untuk mengetahui aturan mana yang akan dijalankan. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dan penyimpanan database dengan MySQL. Aplikasi sistem pakar ini mampu menentukan jenis gangguan mental yang diderita pada gejala yang dialami beserta solusi dan pencegahannya. Hasil pengujian dan evaluasi menyatakan bahwa aplikasi ini sesuai dan layak untuk mendiagnosa gangguan mental pada anak

Kata Kunci


Gangguan Mental, Sistem Pakar, Certainty Factor, Forward Chaining

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.S. Ningsih. 2015. “Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak dalam Berbagai Kegiatan Main di Kelompok B TK Se-Gugus Parkit Banyuurip Purworejo”, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2015.

A. Baiquni, E. Budiman, dan U. Hairah. 2017. “Aplikasi Diagnosis Gangguan Mental pada Anak", Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2017, vol. 2.

Kemenkes, R. (2018). “Hasil Riskesdas 2018”. Riset Kesehatan Dasar.

Ratna Rahmawati Rahayu, Satria. 2018. “Penerapan Metode Certainty Factor dalam Mendiagnosa Gangguan Perkembangan Anak”, JURNAL GERBANG VOL. 8 NO. 2, SEPTEMBER 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.