Integrasi Sistem Organisasi Mahasiswa Atma Luhur Dengan Pendekatan Service Oriented Architecture

Delpiah Wahyuningsih, Parlia Romadiana, Lukas Tommy

Sari


Dalam pengorganisasian kemahasiswaan, STMIK Atma Luhur masih melakukannya secara manual dimana ketika ada suatu kegiatan yang melibatkan semua organisaasi kemahasiswaan cukup menyulitkan dalam melakukan koordinasi Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan berbagai permasalahan dalam organisasi mahasiswa terutama sering terjadinya miss komunikasi dalam setiap organisasi. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan berbagai permasalahan.  Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti akan mengembangkan sistem informasi organisasi mahasiswa atma luhur yang terintegrasi antar satu organisasi dengan organisasi lainnya dengan menggunakan Service Oriented Architecture. SOA adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur teknologi informasi yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Sistem ini akan mengintegrasikan ketua organisasi mahasiswa baik yang BEM, Himpunan dan UKM dapat menginput data anggota, data kegiatan serta dapat upload file berupa proposal dan laporan akhir kegiatan dan menampilkan kas masing-masing organisasi. Dimana yang dapat dilihat oleh semua anggota dan bagian kemahasiswaan. Dengan adanya sistem ini, dapat memudahkan antara bagian kemahasiswaan dan masing-masing organsisasi mahasiswa baik hal laporan akhir kegiatan maupun tentang keuangan yang tersisa setiap organisasi mahasiswa.

Kata Kunci


Organizations, Students, Service Oriented Architecture.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. S. Rahayuningsih, “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Dengan Minat Terhadap Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik,” Univ. Muhammadiyah Gresik, 2019, [Online]. Available: http://eprints.umg.ac.id/2916/.

A. W. Erni Widarti, Saiful Bahri, “Integrasi Sistem Informasi Akademik Terpadu (Siakat) Dengan Feeder Pddikti,” J. Inform. Technol. Commun., vol. Vol. 2, no, p. pp 10-18, 2018.

N. Iswandi Idris, Humala Napitupulu, “Perancangan Sistem Informasi Kampus Terintegrasi Di Lingkungan Politeknik LP3I Medan,” J. Teknovasi, vol. Vol. 02, n, p. pp 22-32, 2015.

F. E. G. Cosmas Eko Suharyanto dan Joni Eka Chandra, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Terintegrasi Berbasis Web (Studi Kasus di Rumah Sakit St. Elisabeth),” J. Nas. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. Vol. 3, no, p. pp 225-232, 2017.

Saifulloh dan N. Asnawi, “Data Manajemen Dan Teknologi Informasi,” J. Ilm. DASI, vol. 16, no. 1, p. 55, 2015.

R. Hardi dan Z. Zaini, “Implementasi Sistem Keamanan Komputer Menggunakan Sistem Terintegrasi Client Server Metode Service Oriented Architecture (Soa),” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.32487/jtt.v6i1.432.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.