PEMODELAN INSTRUMEN UNTUK EVALUASI KINERJA PENGAJARAN DOSEN

Moch Ali Machmudi, Kusrini, Hanif Al Fatta

Sari


Kualitas pengajaran dosen merupakan hal sangat penting untuk terus dijaga dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas pengajaran adalah dengan melakukan evaluasi pengajaran dosen secara berkala.Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah instrument pemodelan untuk evaluasi kinerja pengajaran dosen di STMIK Bina Patria Magelang.Teknik pemodelan yang dipergunakan adalah rating scale. Item-item penilaian yang dipergunakan merupakan standar kompetensi pengajaran dosen menurut peraturan  pemerintah. Pada pemodelan ini, setiap responden menilai kualitas pengajaran per item dengan memilih label yang mewakili suatu skala angka mutu tertentu. Kinerja pengajaran dosen dievaluasi per mata kuliah pada tahun ajaran dan semester tertentu dan hasilnya disajikan dalam format angka dan label mutu.Aplikasi yang dihasilkan kemudian diujikan dengan menggunakan data yang berasal dari kuesioner yang didistribusikan kepada mahasiswa dan hasilnya menunjukkan bahwa hasil pengujian yang dilakukan secara manual dan pengujian menggunakan sistem memberikan hasil yang sama. Sistem yang dihasilkan memiliki beberapa kelebihan dalam hal efektivitas dan efisiensi proses penilaian, serta memungkinkan untuk menghasilkan berbagai interpretasi informasi yang lebih mendalam, terlebih jika dikaitkan dengan berbagai aspek lain.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.