RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME DESIGN DOCUMENT

Sri Lestari Rahayu, Fujiati _

Sari


Pendidikan memiliki tugas untuk menghasilkan anak-anak peserta didik yang memiliki pola pikir cerdas, beradab dan cepat tanggap. Anak-anak peserta didik diharapkan mampu mencapai kemandirian dan mampu beradaptasi dengan lingkungan luar yang selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Media pembelajaran yang digunakan yaitu dengan menggunakan game. Game memiliki peran yang besar dalam membangun rasa semangat pada peserta didik untuk memperoleh pelajaran dari guru. Hal itu berbeda dengan pengunaan metode konvensional yang cenderung membosankan karena hanya mendengarkan penjelasan dari guru di depan kelas. Dengan menggunakan aplikasi game edukasi untuk belajar bahasa inggris maka dapat meningkatkan daya ingat anak sehingga dapat menyimpan materi pelajaran dengan cepat dibandingkan dengan metode konvensional selain itu belajar menjadi menyenangkan dan peserta didik tidak cepat bosan dalam proses belajar bahasa inggris khususnya pengenalan nama-nama buah dan nama-nama hewan. Pada penelitian ini, perancangan sistem menggunakan metode game design document dan prototype lalu pada proses pengujian mengunakan metode blackbox. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi game edukasi yang dapat digunakan oleh peserta didik dengan didampingi oleh guru. Penggunaan aplikasi ini mampu memotivasi peserta didik untuk belajar bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan dan dapat dipahami dengan cepat.
 
Kata kunci— Pendidikan, Game, Game Design Document, Prototype, Blackbox

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.