Analisis Data Dapodik Pada SMA ABC di Yogyakarta Sebagai Bagian Evaluasi Sekolah

Agung Jasuma, Rini Wijayanti, Siska Febriani, Sewindu Putro, Sumbogo Wisnu, Eka Yulia, Afrizal Yudano

Sari


Data adalah sekumpulan informasi yang diperoleh melalui sebuah pengamatan pada suatu objek. Data akan sangat berguna apabila diolah dan dianalisis secara baik sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Data Pokok Pendidikan atau Dapodik merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Pada implementasinya, data yang sudah terekam dipusat tidak diikuti dengan optimalisasi penggunaan data seperti yang terjadi pada SMA ABC. SMA ABC hanya mengikuti kewajiban pemerintah yang telah diatur dalam undang-undang, tanpa melakukan penggalian informasi yang lebih mendalam terkait dengan data Dapodik itu sendiri. Penggunaan data dalam penelitian ini diperoleh melalui unduhan aplikasi Dapodik dan dokumen fisik dari SMA ABC berupa data siswa kelas XII pada tiga tahun ajaran berbeda, data guru dan data nilai mata pelajaran yang dijadikan UN. Selanjutnya dilakukan analisis dari data yang diperoleh dengan cara melakukan normalisasi data, perancangan basis data dan penelusuran query. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan setiap variabel yang ada pada aplikasi Dapodik untuk dapat digunakan secara maksimal oleh pihak sekolah.

Hasil penelitian ini diperoleh faktor-faktor yang terindikasi memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa seperti pendapatan dan pendidikan orang tua serta pendidikan guru. Dengan adanya penelitian ini, hasilnya dapat digunakan sebagai bahan acuan evaluasi sekolah.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2015, Peraturan Nomor 79 tentang Data Pokok Pendidikan,Kemendikbud. Jakarta.

Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018, Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b, Kemendikbud. Jakarta. Indonesia. Diakses tanggal 22 Oktober 2018.

Kemendikbud, 2013, Manual Aplikasi Dapodikdas 2013. Kemendikbud. Jakarta.

Azriel Christian Nurcahyo, Dema Mathias Lumban Tobing. Analisis Data Pada Data Pokok Pendidikan Dasar (DAPODIKDAS) SDN 2 Bengkayang Sebagai Bagian Evaluasi Siswa. SENSITEK 2018. STMIK Pontianak, 12 Juli 2018.

Zaenul Arif, Muhammad Afandi. Sistem Informasi Nilai Siswa SMA Negeri 1 Tegal berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. jurnal CSRID Vol.8 No.2 Juni 2016, Hal 109-120.

Didik Setiyadi, Ali Nurdin. Data Mining Potensi Akademik Siswa Berbasis Online. Jurnal SISFOTENIKA Vol.2 No.1 Januari 2012.

Tobing, Dema, Mathias, Lumban. Yulianto Mustaqim, Musthofa Galih Pradana, Azriel Christian Nurcahyo, Yusuf Hendra Pratama.Pengembangan Sistem DAPODIKDAS Pada Optimalisasi Pencarian Data Siswa Berprestasi. ISSN :2354-5771. CITEC AMIKOM 2018

Fitri Nuraeni, Inna Risdiani. Perancangan Media Informasi Akademik Siswa Berbasis Android. jurnal VOI STMIK Tasikmalaya Vol.5 No.1 2016, Hal 14-23.

Abdillah, Willy. Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi-Pemodelan Teoritis, Pengukuran, dan Pengujian Statistis. 2018. ANDI. Yogyakarta

Connoly,T. M., Begg, .C.E., 2010. Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation and Management, Third Edition, Pearson Education, Ltd, Inggris.

Raharjo, Budi. Imam Heryanto. E, Rosdiana, K. Modul Pemrograman WEB Html, Php & Mysql Revisi Kedua. 2014. Modula. Bandung

Reksoatmodjo, Wahyuni. Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data. 2018. ANDI. Yogyakarta.

Kusrini. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. 2007. ANDI. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.