ANALISA PERANCANGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA STMIK STIKOM BALI

Ni Wayan Deriani

Sari


Keunggulan sebuah organisasi terlihat dari kemampuan oranisasi tersebut bersaing di dunia usaha yang kian hari semakin banyak persaingan. Persaingan tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin guna mempertahankan customer dengan memberikan pelayanan yang terbaik.salah satu cara dalam memberikan pelayanan yang terbaik adalah dengan penyedian sarana berupa sistem informasi yang menyeluruh dan terintegrasi. CRM adalah sebuah sistem terintegerasi yang sangat bermanfaat baik dari pihak organisasi dan tentunya untuk customer.Dalam penelitian ini dilakukan analisa perancangan model CRM dengan pendekatan Zachman frameworkdari persfektif Planner dan owner. Analisa perancangan  menggunakan DFD, ERD dan konseptual database. Hasil  yang diharapkan dari penelitian ini adalah berupa perancangan model sistem Customer Relationship Management sebagai acuan para pengelola dalam pengembangan sistem yang terintegrasi dimasa yang akan datang.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.