PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN ONLINE UNTUK MEMPERLUAS SEGMENTASI PASAR PROPERTI

Sandy Kosasi

Sari


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan memperoleh tempat tinggal dan memilih perumahan yang baik, kondusif, biaya operasional yang murah dan tidak hanya terbatas pada lokasi tertentu membuat sistem informasi pemasaran online ini memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Tujuan dari penelitian menghasilkan sebuah sistem informasi pemasaran online untuk memperluas segmentasi pasar properti. Sistem pemasaran online memudahkan masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan kesulitan mencari informasi mengenai properti tidak lagi mengalami hambatan. Situs pemasaran online ini memiliki spesifikasi khusus dengan menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya dapat melihat model dan foto perumahan yang dipasarkan, menampilkan video lingkungan perumahan, menampilkan harga produk terkini, melakukan simulasi perhitungan dan pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sehingga memudahkan sistem cicilan dan jangka waktu pelunasannya, mudah mengakses spesifikasi rumah yang diinginkan, tampilan situs yang menarik, dan kemudahan mengupdate informasi bagi perusahaan.  Hasil pengujian sistem menunjukkan 75% responden menilai aplikasi ini baik, 25% menilai sangat baik, dan 5% menilai kurang baik. Penelitian selanjutnya dapat dilengkapi dengan sistem pembayaran e-payment dan jaminan keamanan transaksi online dengan Secure Socket Layer (SSL) dan Secure HTTP (S-HTTP).

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.