Pengaruh Konten Smartphone Terhadap Prestasi Anak SD Dengan Metode Technology Acceptance Model

Delpiah Wahyuningsih, Parlia Romadiana

Sari


Pada zaman milenial saat ini anak-anak sekolah dasar sudah familiar dengan penggunaan smartphone bahkan sejak balita mereka sudah diberikan oleh orang tuanya. Smartphone memiliki sisi positif dan negatif, sekarang bagaimana orangtua mengawasi anak-anak dalam penggunaan smartphone. Penelitian ini menganalisa seberapa besar pengaruh smartphone terhadap prestasi anak-anak. Sampel kami mengambil anak yang berusia 10-13 tahun. Disini kami membagikan kuesioner ke sekolah modern yang anak pada sekolah tersebut telah banyak menggunakan smartphone. Hasil dari kuesioner yang kami bagikan kepada anak berusia 10-13 tahun ini yaitu smartphone mempengaruhi prestasi anak dalam belajar sebesar 50,7% dari pengaruh terhadap variabel manfaat dan kebutuhan penggunaan smartphone sehingga pengaruh terhadap manfaat penggunaan (X1) dan kemudahan pengguna (X2) terhadap prestasi anak (Y) secara simultan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 11,320 > F tabel 3,42.

Kata Kunci


TAM, Smartphone, Prestasi Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aviana, Ria dan Hidayah, Fatichatul Fitria, "Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang”. Vol. 3, No. 1, Maret 2015.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Istiyanto, Jazi Eko. 2013. Pemrograman Smartphone Dengan SDK Android dan Hacking. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harfiyanto, Doni, Budi Utomo, Cahyo dan Budi, Tjaturahono. Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang, Journal of Education Social Studies, Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana, UMS, No. 4, Tahun 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penggertian Prestasi. Diakses tanggal 6 Desember 2018, (http://www.kbbi.web.id/prestasi)

Purwanto, Ngalim. 2006. Dalam Psikologi Pendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya Offset.

Sugiyono. 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung

Satrianawati, “Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD”, Vol. 4, No. 1, Juli 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.