Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung

Wildan Wiguna, Tuti Alawiyah

Sari


Pariwisata pelayaran merupakan kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi melalui perjalanan laut yang biasanya menggunakan kapal pesiar. Beberapa media iklan sering memberikan penawaran khusus dengan sedikitnya rincian informasi dan transparansi mengenai paket wisata yang tersedia. Terdapat kemungkinan yang cukup serius dari pihak agen perjalanan dalam mendapatkan keuntungan yang tidak diizinkan oleh pengelola wisata. Dari studi dokumentasi dan observasi yang telah dilakukan terdapat beberapa agen perjalanan di Kota Bandung yang menyediakan jasa wisata pelayaran. Namun tidak semua layanan pada agen tersebut ditangani oleh OTA (Online Travel Agent) dalam melakukan transaksi reservasinya. Pelanggan mengalami kendala ketika ingin memilih dan memesan paket wisata pelayaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh karyawan yang kekurangan fasilitas dalam mengelola transaksi reservasi serta menyampaikan informasi kapal pesiar secara langsung kepada pelanggan. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu membangun suatu sistem reservasi terkini menggunakan teknologi perangkat bergerak untuk membantu pelanggan maupun karyawan dalam melakukan transaksi paket wisata pelayaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem reservasi paket wisata pelayaran berbasis mobile commerce berhasil dibangun menggunakan aplikasi android dan web server. Sistem tersebut mampu menawarkan paket wisata pelayaran dengan informasi yang terperinci dan transparan dari pengelola wisata. Aplikasi android memudahkan pelanggan dalam membuat reservasi paket wisata pelayaran. Kemudian web server berperan membantu karyawan admin dalam mengelola transaksi reservasi serta menyampaikan informasi kapal pesiar secara langsung kepada pelanggan

Kata Kunci


Sistem Reservasi; Wisata Pelayaran; M-Commerce; Aplikasi Android; Web Server

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dileep, M. R. (2019). Tourism, Transport and Travel Management. London: Routledge.

Faqih, K. M. S., & Jaradat, M. R. M. (2015). Assessing The Moderating Effect of Gender Differences and Individualism-Collectivism at Individual-level on The Adoption of Mobile Commerce Technology: TAM3 Perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 22, 37–52.

Menpar (2016). Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata. Jakarta: Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Purwanto, E., Mar, M., Wiratno, D., & Baidowi, M. (2017). Stabilitas Kapal Untuk Perwira Pelayaran Niaga: Vol. I (2nd ed.). Surabaya: Yayasan Bhakti Samudera Surabaya.

Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2017). Fundamentals of Information Systems (9th ed.). Boston: Cengage Learning.

Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2016). Principles of Information Systems (13th ed.). Boston: Cengage Learning.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2015). Systems Analysis and Design in a Changing World (7th ed.). Boston: Cengage Learning.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Chichester: John Wiley & Sons.

Ward, B. (2016). Berlitz Cruising & Cruise Ships 2017. London: Berlitz Publishing Company.

Walliman, N. (2017). Research Methods: The Basics (2nd ed.). London: Routledge.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Tasikmalaya

Copyright © 2019 Jurnal VOI (Voice Of Informatics)

E-ISSN : 2579-3489

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.