Analisis Kritis Adopsi E-Commerce Untuk Pasar Ekonomi Kreatif Melalui Kerangka Teknologi-Organisasi-Lingkungan

Sandy Kosasi

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauhmana bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya wilayah Kalimantan Barat dalam menumbuhkan pasar ekonomi kreatif melalui proses adopsi E-Commerce dengan kerangka teknologi-organisasi-lingkungan (TOE). Survei dilakukan kepada 197 bisnis UKM secara online melalui surat elektronik dengan menggunakan teknik sampel acak dan ditujukan kepada menajemen puncak. Namun yang berhasil dikumpulkan sebanyak 162 responden dengan menggunakan unit analisis organisasi. Hasil penelitian mengindikasikan faktor yang sangat signifikan adalah dukungan manajemen puncak, kesiapan organisasi, kebijakan pemerintah, dan kompatibilitas teknologi dalam proses adopsi E-Commerce. Keempat variabel ini mewakili dari masing-masing faktor TOE. Dimana untuk ukuran organisasi tidak memiliki hubungan dengan kebutuhan adopsi E-Commerce. Keputusan menumbuhkan pasar ekonomi kreatif bagi bisnis UKM juga memberikan implikasi, bahwa dalam mengadopsi E-Commerce juga dipengaruhi oleh motivasi, struktur organisasi, budaya organisasi, dan agen perubahan eksternal. Untuk mendorong tingkat yang lebih tinggi dalam adopsi E-Commerce, pemerintah perlu memberikan dukungan seperti pembiayaan, pelatihan, saran teknis dan bentuk bantuan lainnya.

Kata kunciAdopsi E-Commerce, Ekonomi Kreatif, Bisnis Digital, Kerangka TOE.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.