Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Hiragana dan Katakana Menggunakan Augmented Reality

Gideon Diwitly Pontoan, Edson Yahuda Putra

Sari


Dalam proses pembelajaran huruf hiragana dan katakana, media yang sering digunakan berasal dari buku maupun referensi dari internet. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti merancang aplikasi yang dapat dijadikan media alternatif untuk pengenalan awal huruf hiragana dan katakana melalui smartphone dengan menggunakan Augmented Reality. Aplikasi yang dirancang tersebut dapat membantu user dengan memberikan animasi dari cara  penulisan huruf hiragana dan katakana, beserta audio pelafalan huruf . Aplikasi yang sementara dirancang ini menggunakan teknologi Markerless Augmented Reality, Software Development Kit (SDK) yang digunakan dalam pembuatannya adalah Vuforia. Dan dirancangkan untuk user yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan melakukan scanning huruf dari image target dari kartu yang akan dibuat, hasil yang akan ditampilkan pada smartphone berupa animasi penulisan huruf, audio pelafalan huruf, dan penulisannya menggunakan huruf latin pada image target huruf yang di scan. Tujuan dari perancangan aplikasi pengenalan huruf hiragana dan katakana menggunakan augmented reality adalah untuk memberikan pengenalan huruf hiragana dan katakana dengan cara yang mudah dan menarik.

Kata kunci – Augmented Reality, Vuforia, Android, hiragana, katakana, smartphone


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.